5 Penyebab Kenapa Koneksi Internet Lambat

Unknown Reply 11:07 PM
5 Penyebab Kenapa Koneksi Internet Lambat

Baiklah siang ini admin akan share beberapa faktor yang meyebabkan internet kita lambat, kenapa sih koneksi internet lambat? apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Mungkin bagi agan/i yang hobi browsing, streaming, blogging, chatting, dsb pastinya akan merasa kesal jika kita sebagai pengguna internet terganggu dengan masalah sepele seperti diatas. Ya jelas kesal pastinya udah daftar paket internet modem mahal-mahal, udah langganan internet masih aja speednya kaya siput he". Berikut akan kita bahas 5 penyebab kengapa koneksi internet kita lambat mari disimak.

1. Paket Speed Internet dan Modem

5 Penyebab Kenapa Koneksi Internet Lambat

Salah satu penyebab internet lambat berwal dari provider internet, pemilihan paket dan modem yang digunakan. Jika agan/i ingin menggunakan internet yang cepat tetapi paket yang dibeli dengan harga murah, ya jelas pastinya tidak fair. Jika agan/i belum mengerti sepenuhnya pastikan jika ingin berlangganan survey terlebih dahulu provider mana yang bagus referensinya. Jika sudah dapat pastikan memilih paket yang benar sesuai/cocok dengan kantong masing-masing. Biasanya kecepatan yang ditawarkan bermacam-macam seperti langganan speedy 3MB hanya dapat 1/8nya jadi kecepatan bersih maksimal yang didapat sekitar 375KB/s, begitu pula dengan paket modem yang digunakan, pilih dulu paketnya dengan baik dengan QOS (Quality of Service) dari provider yang tidak mengecewakan dan pastikan sinyal dapat menjangkau daerah agan/i semua ya minimal di kisaran 3G lebih baik lagi bisa dapet HSPA+. Modem yang digunakan juga minimal 7.2 MB untuk saran jika ingin mendapat kecepatan yang cukup.

2. Kondisi Komputer atau Laptop yang digunakan

5 Penyebab Kenapa Koneksi Internet Lambat

Jika agan/i semua sudah berlangganan internet dengan speed yang kencang tapi masih lemot juga internetnya, pastikan kondisinya Komputer/Laptop dalam keadaan yang baik. Maksudnya di sini adalah spesifikasi komputer yang digunakan dan kondisi kesehatan dari komputer tersebut tidak terdapat masalah. Komputer dengan Proccessor terkini yang cepat, ditambah dengan kapasitas memori (RAM) terpasang yang besar turut membuat data yang diakses lewat jaringan menjadi semakin cepat. Bandwitch yang diterima juga pastinya akan jauh lebih cepat diproses ketika meng-upload maupun men-download data. Pastikan juga tidak ada kerusakan di bagian hardwarenya terutama di ethernet card-nya.

3. Periksa Browser yang digunakan, Add-ons dan Cache-nya

5 Penyebab Kenapa Koneksi Internet Lambat

Secara tidak langsung pilihan browser juga menentukan kecepatan dalam berinternet ria. Untuk browser dikalangan Mozilla, Chrome, Opera, Internet Explorer, maupaun Safari sudah pasti memenuhi kriteria browser cepat. Saran saya jangan menggunakan browser lain yang belum teruji di kalangan masyarakat, menggunakan boleh-boleh saja. Tentu saja dari 5 browser yang admin sarankan diatas masing-masing juga memiliki kecepatan yang berbeda, hal ini bisa saja dikarenakan penggunaan memory pada saat dijalankan cek mana yang paling besar menggunakan memorinya. Begitu juga dengan penggunaan add-ons jangan terlalu banyak menginstall add-ons yang tidak diperlukan dan terakhir pastikan browser yang digunakan jangan terlalu banyak menyimpan cache/cookies/history walaupun bisa mempercepat web yang telah tersimpan, tetapi bisa membuat kinerja internet menjadi lambat.

4. Virus yang menyerang Jaringan Internet

 5 Penyebab Kenapa Koneksi Internet Lambat

Sebagian orang mungkin belum mengetahui jika ada virus yang menyerang jaringan. Pada awalnya admin juga tidak mengetahui, tetapi setelah terjadi kantor ane barulah semua itu terlihat. Salah satu varian yang mungkin agan/i sering dengan yaitu virus "convfiker", cukup tren dikalangan masyarakat apalagi pernah menembus pertahanan Microsoft. Virus yang bekerja mengedap di memori ini dapat mengakibatkan jaringan network agan/i semua terputus dan mati. Selain itu ada juga yang virus jaringan lain "Generic Host Proccess for Win32", jika terinfeksi akan menampilkan pesan error seperti diatas dan koneksi internetpun tiba-tiba terputus. So cek antivirus agan/i semua untuk update ke versi baru agar perlindungan internet aman dari serangan virus.

5. Kondisi lain yang tidak disangka-sangka

5 Penyebab Kenapa Koneksi Internet Lambat

Overload Traffic penuhnya lalu lintas traffic yang terjadi di access point, router, modem, dsb dapat menyebabkan internet lambat. Sebagai contoh penggunaan internet dikantor, pastinya setiap client ingin memakai jatahnya dong untuk berinternet ria, namun tidak disangka ada yang sedang men-download dengan IDM lagi. Pastinya semua traffic yang terjadi akan disedot ke client itu semua. Jadi pastikan pengaturan bandwitch dikantor agan/i semua dimonitor dengan baik, bisa menggunakan AP Mikrotik untuk pembatasan yang lebih baik. Selain itu untuk internet yang menggunakan antena wifi, biasanya dipengaruhi oleh faktor cuaca. Pada kondisi cuaca yang cerah koneksi akan stabil dan sangat baik, namun sebaliknya jika hujan deras maka sinyal akan terhambat dan koneksi menjadi terputus-putus. So pastikan jika menggunakan antena wifi sinyal yang didapat harus tahan dari gangguan cuaca yang buruk ya.

Demikian artikel yang admin share pada kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi agan/i semua dan yang solusi internet lambatnya masih belum terpecahkan mungkin bisa dishare juga disini dan kita sama-sama bahas mencari solusinya.

Related Posts

TipsTrik 2494990940474956952

Post a Comment

Search

Popular Posts

Labels